ocyrosyidah's Blog

This WordPress.com site is the bee's knees

Menjadi Baik Saja Belum Cukup

image

Begitu banyak istri yang baik-baik…
Namun menceramahi atau mencereweti suami saat lelah pulang kerja…
Maksudnya sih baik, untuk menjadikan suami sebagai tempat curhat…
Menjadikan suami sebagai tempat terpercaya ia mengeluarkan isi hati…
Namun, ia tak tahu bahwa ‘istirahatnya’ suami adalah ‘ditinggalkan sendirian’ dulu sejenak…
Akibatnya, timbul keretakan dalam pernikahan…
Jika terjadi berhari-hari selama bertahun-tahun?
Hmmm…
Menjadi istri yang baik saja TIDAK CUKUP

Begitu banyak suami yang baik-baik…
Ketika istrinya marah akibat kesalahannya, lalu berteriak ‘JAHAT! Tinggalin aku sendiri!!!’, maka sang suami betul-betul meninggalkannya…
Maksudnya sih baik, untuk memberikan istri waktu luang agar bisa menenangkan diri…
Namun ia tak tahu bahwa sebetulnya itu adalah isyarat dari istri, ‘apakah suamiku akan memperjuangkanku lebih lagi?’…
bahwaa ketika istri bermasalah, cara mendamaikannya adalah merayunya terus menerus, bukan meninggalkannya…
Akibatnya, timbul keretakan dalam pernikahan…
Jika terjadi berhari-hari selama bertahun-tahun?
Hmmm….
Menjadi suami yang baik saja TIDAK CUKUP

Begitu banyak suami yang baik-baik…
Pergi pagi pulang petang mencari nafkah…
demi anak istri tercinta….
Karier melesat gaji meningkat, menghabiskan waktu berjam-jam di luar….
Merasa sudah berjuang demi keluarga…
Merasa sudah melakukan yang terbaik demi keluarga…
Merasa sudah memenuhi SEGALA kebutuhan anak istri…
Padahal tanpa sadar, ia lupa bahwa anak istrinya adalah manusia…
yang tak hanya memiliki kebutuhan materi, namun juga kebutuhan EMOSI…
Karena tidak tahu, karena tidak sadar, menyusuplah seseorang ‘dari luar sana’…
yang menawarkan bahwa pemenuhan kebutuhan emosi anak istrinya bisa dipenuhi olehnya….
Jika orang ini adalah lawan jenis, apa yang terjadi?
Hmm…
Menjadi suami yang baik saja TIDAK CUKUP

Begitu banyak istri yang baik-baik…
Ketika ada masalah, justru ditekan…
Ketika ada rasa tidak nyaman, justru dipendam…
Maksudnya sih baik, agar suami tidak terganggu…
Namun, ia tidak tahu…
Bahwa emosi layaknya per, jika ditekan terus menerus, lama-lama…..?
Itulah yang sering terjadi pada orang yang ‘diam’, orang yang ‘kalem’…
yang akan ada masa dimana ia akan ‘meledak’
Jika istri yang baik ini selalu ada gejala ‘meledak’ tiap 3 bulan, apa yang terjadi?
Hmmm…
menjadi istri yang baik saja TIDAK CUKUP

Banyak suami baik, banyak istri baik…
sekilas terlihat dari luar, baik-baik saja hubungannya…
Namun beritanya sering mengagetkan, 
kok tiba-tiba cerai?
kok tiba-tiba pisah rumah?
yang bisa kita lihat hanya yang ‘tiba-tiba’…
tapi kita tak tahu, apakah pernikahannya ‘terlihat harmonis’ atau ‘BETUL-BETUL HARMONIS’

untuk menjemput pernikahan harmonis, ternyata menjadi baik saja TIDAK CUKUP
‘Ah kalau gitu mending jadi orang jahat saja’. Bukan! Bukan itu…
Menjadi orang baik, adalah modal dasar yang sangat dibutuhkan untuk menjemput pernikahan harmonis…
Namun TIDAK CUKUP…
Menjemput pernikahan harmonis perlu dilengkapi dengan ILMU…

Menjadi orang baik tanpa ilmu, hanya akan membuat lelah ‘menjadi orang baik’ karena tidak tahu caranya…
Tidak tahu bagaimana mengelola emosi dan mengeskpresikannya pada waktu dan tempat yang tepat…
Tidak tahu bagaimana cara menyampaikan ‘nasihat’ tanpa penolakan dari pasangan…
Tidak tahu bagaimana cara meng-install akhlak kepada anak istri…
Tidak tahu bagaimana bentuk bahasa cintanya…
Semuanya hanya akan membuat sang orang baik menjadi LELAH untuk menjadi baik..

Maka, menjemput pernikahan harmonis, cukupkah hanya menjadi orang baik saja?
Ternyata TIDAK CUKUP. Perlu anda lengkapi dengan perbekalan ILMU & SKILL pernikahan yang memadai

Selamat menjemput keharmonisan keluarga anda 

=====================================================

Ingin meningkatkan kualitas hubungan pernikahan anda? 
Masih bingung bagaimana langkah teknis memenuhi kebutuhan emosi pasangan dan anak anda? 
Masih suka meledak-ledak saat marah dan sangat sensitif dengan kesalahan pasangan dan anak? Sehingga bingung bagaimana mengelola emosi anda?

Untuk menjemput pernikahan anda yang lebih harmonis, ikuti

One-Day Workshop
CLEANSING & MANAGING EMOTION, GET YOUR HAPPY MARRIAGE’

Bersama:
Romantic-Couple Trainer : Canun Kamil & Fufu Elmart

LIMITED 10 Seat Only!
Akan lebih berdampak jika anda hadir bersama pasangan anda…
Namun, hadir dan ‘berjuang sendiri’ pun tiada masalah… 

Bandung, 14 September 2014
09.00 – 17.00
Hotel California. Jln Wastukancana no 48

More Info & Registration
083820989539 (Makki)
pin 26F023FE (makki)””

Leave a comment »

Lebaran 1435H/2014

image

Ada yang beda dari lebaran tahun ini. Kenapa gue nggak menikmati yaa?. Kaya nggak ada perasan suka cita. Ada yang mengganjal di hati ini. Yap, karena ramadhan tahun ini ibadah kurang maksimal. Astaghfirullah..

Puasa, sholat sunnah qiyamul lail, sedekah dsb. Berasa belum banyak dan berkualitas. Hiks. Menyesal banget.

Dan gue tipe orang yang sulit menahan kantuk. Jadi agak kurang maksimalah hiks hiks..

Ada lagi kelakuan “aneh” ade-ade gue, mereka pada minta foto bareng gitu sama gue. Aiihh berasa artis dah. Hehehe

Mungkin mereka merasa gue bakal nggak lama lagi tinggal di rumah. Yaa ada sesuatu hal, yang membuat gue harus meninggalkan rumah. Hihihi..

Yang terpenting, semoga training ibadah di ramadhan ini terus berkelanjutan pada 11 bulan ke depan. aamiin

image

Foto bareng ade pertama

image

Foto bareng ade kedua

image

Foto bareng ade ketiga

image

Foto lengkap

Leave a comment »

Ibu Pendidikan

image

Copas dari chat whatsapp

Di Jepang ada namanya “kyoiku mama” (ibu pendidikan) para ibu di Jepang rata-rata tidak bekerja, tapi hanya untuk mendidik dan mengurusi anak2 mereka mulai bangun, berangkat pulang sekolah, kursus, les, sampai tidur lagi, semuanya di bawah didikan sang ibu.

Para kyoiku mama ini menanamkan kesopanan, kebersihan pada anak mereka, rata2 mereka lulusan S1/S2. Mereka sekolah tinggi bukan untuk berkarier tapi “mendidik anak” itulah karier mereka yang tertinggi.

Dan kemajuan ekonomi Jepang adalah karena ditopang oleh kyoiku mama ini makanya tidak heran kalau orang Jepang itu disiplin, etos kerja tinggi, menjaga kebersihan itu semua hasil didikan para kyoiku mama, sehingga sekolah hanya untuk menstransfer ilmu saja.

Sementara “Ryousai kenbo” adalah slogan yang kembali digalakkan pemerintah Jepang, istilah ini muncul di jaman restorasi Meiji dan banyak dianut keluarga Jepang untuk mewujudkan keluarga harmonis ideal.

Ryousai: istri yg baik
Kenbo: ibu yang bijaksana

Intinya menyerukan bahwa wanita peran terhormat sebagai istri yang baik dan bijaksana, pembagian peran alami sesuai fitrah antara perempuan dan laki laki.

Peran perempuan sebagai menteri dalam negeri dan motivator domestik rumah tangganya dan peran lelaki jadi menteri luar negri keluarganya sebagai motivator logistik dan publik.

Di Jepang peran ini kembali digalakkan karena sekarang perempuan memilih melajang menjadi wanita karier sehingga presentasi pertumbuhan penduduk muda usia produktif di negara mereka menurun.

Tentu saja kasus kekerasan remaja dan bunuh diri di Jepang pada usia sekolah terus bertambah karena tidak terpenuhinya kualitas hubungan ibu dan anak yang menunjang pertumbuhan emosi anak.

Jadi wajar pemerintahan Jepang sangat memberi tempat terhormat pada peranan ibu rumah tangga yang berkualitas, karena kemajuan bangsanya kelak pun tetap ditopang oleh kualitas ibu-ibu rumah tangganya sebagai pembentuk kualitas karakter anak-anak mereka.

Sungguh luar biasa, “ibu rumah tangga adalah profesi idaman” di Jepang. Bagaimana dg kita? share yukk kepada teman-teman kamu yang wanita betapa bangga nya menjadi seorang wanita

Cita-citaku sama ingin menjadi ibu rumah tangga yang profesional. Bersungguh-sungguh mendidik anak-anak. Aamiin

Ibuku pun menjadi ibu rumah tangga yang baik. Beliau sayang kepada anak-anaknya

Leave a comment »

Sebaik-Baik Pasangan

image

Fokuskan diri untuk memperbaiki diri
Tak peduli seperti apa ia nanti
Moga Allah menakdirkan yang terbaik untukku dan untuknya

Tak usah menggalau yang berlebihan
Lebih baik baguskan diri
Tuntut diri miliki akhlak yang elok
Tuntut diri mempunyai keahlian rumah tangga yang mumpuni
Tuntut diri dengan segenap ilmu rumah tangga yang kan membuatmu siap mengarungi

Moga Allah memantaskan mengikat janji suci dan bertemu jodoh sejati

Aamiin

Depok, 25 Juli 2014/ 27 Ramadhan 1435 H

Leave a comment »

Menangislah Untuk Ramadhan Yang Kan Hilang

image

Oleh: Abd Rozak

Teman, marilah kita menangis,
Jika itu bs melapangkan gundah yg mengganjal sanubari. Bahwa Ramadhan sudah bergegas di akhir hitungan. Dan tadarus Quran kita tak juga beranjak khatam. Jika itu adalah ungkapan penyesalan. Jika itu merupakan awal tekad utk menyempurnakan tarawih dan Qiyamul lail kita yg centang perenang

Menangislah,
Biar butir bening itu jadi saksi di yaumil akhir. Bahwa kita adl hamba Alloh yg lalai lagi terlena. Yg berdoa sejak 2 bulan sblm ramadhan, yg berlatih puasa semenjak Rajab, yg rajin mengikuti tarhib Ramadhan, tp sp puasa mendekati akhir masih juga menggunjing kekhilafan teman, masih juga tak bisa menahan ucapan dari kesia-siaan, tak juga menambah ibadah sunah, bahkan hampir terlewat menunaikan yg wajib

Menangislah, lebih keras
Alloh tak menjanjikan apa2 utk Ramadhan th depan, apk kita msh disertakan, sdgkn Ramadhan skr cuma tersisa hitungan hari. Tak ada yg dpt menjamin usia kita sp utk Ramadhan besok, sdg Ramadhan ini tersia-siakan. Menangislah utk Ramadhan yg kan hilang…

Menangislah,
Utk dosa2 yg belum terampuni, tp kita masih juga menambah dg dosa baru…

Menangislah,
Dan tuntaskan semuanya di sini, malam ini. Krn bsk waktu akan bergerak makin cepat, Ramadhan semakin berlari. Tahu-tahu sudah 10 malam terakhir dan kita belum bersiap utk itikaf. Dan lembar Quran menunggu utk dikhatamkan. Dan lembar rupiah menunggu utk disalurkan melalui infaq dan zakat. Dan malam menunggu dihiasi sholat tambahan.

Sekarang, atau (mungkin) tidak (ada lagi) sama sekali…

Sumber : tausiyah copas dari grup ODOJ

Leave a comment »

Jarak

image

Untuk kamu yang percaya bahwa jarak dicipta agar rindu tetap hidup tanpa pernah redup 

– @azharologia

Leave a comment »

Tips Mendidik Calon Hafizh

image

image

Calon bpak dan ibu, kalo antum ingin puny anak ini, dia Musa umur 5,5 thn hafal 30 juz 
Perhtikan tips lgsg dr bpknya Musa.
1. Niat
2. Bpk/Ibu trjg dr maksiat
3. Prbanyakin DOA, soalny yg puny Quran yaitu Allah
4. Ktk Anda/istri mngndung, suami istri banyakin baca Quran/hafal Quran.
5. Ktk anak dah lahir jauhkan dr musik dan TV. Pkokny drmh ga ada tu media.
6. Umur 2thn ajarkan hurf hijaiyah dll
7. Umur 3thn mulai hafal Quran. Cepet bgt ntar hafalnya
8. Punya amalan andalan, misal tahajjud dan dhuha tiap hari
9. Sblm itu semua, ga kn trcapai klo ga cri pasangn dulu hehe. 

Fastabiqul khoirot 
Smber: daqu.or.id

Leave a comment »

Surga Yang Kita Inginkan Sama

image

image

image

image

image

image

image

image

~Surga yang diinginkan sama,
~Namun mujahid palestina meraihnya dengan jihad sementara sebagian kita sholat saja ditunda2, sebagian muslimah kenakan hijab saja berat.

~Surga yang diinginkan persis,
~Namun militan siria meraihnya dengan syahid, sementara kita sedekah saja pelit.

~ Surga yang dimaksud serupa,
~Namun anak-anak gaza membelinya dengan hafalan sementara anak-anak kita diajarkan nyanyian.

~ Surga yang diharap itu-itu saja,
~Bunda di iraq dapatkan dengan mendidik anaknya angkat senjata, sedang kita didik anak kita tutup mata.

~ Surga dipinta dalam doa tak berbeda,
~Muslim rohingya menukarnya dengan tangisan, sementara kita menangis karena putus pacaran.

Bila satu saat ALLAH menanyakan “apa alasan-Ku agar memasukkanmu dalam surga-Ku?” Tentu mujahid palestina, iraq, siria punya jawabnya.

Mari bertanya,
“apa alasan yg akan kita kemukakan pada ALLAH hingga layak surga-Nya bagi kita?” bandingkan dengan pengorbanan mereka.

-ustadz felix siauw-

— @tausiyahku ( Dakwah Itu Cinta )

cita-cita kita sama, Surga Nya yang teramat indah yang berbeda adalah persiapan tiap diri kita untuk bisa masuk kedalam Surga Nya. Sudah sejauh mana?

Leave a comment »

Doa Untuk Muslim Gaza – Palestina

image

Luangkan waktu berdoa untuk saudara kita di Palestina
Doa Untuk Muslim Gaza – Palestina 
Astaghfirullohal’adziim
Astaghfirullohal’adziim
Astaghfirullohal’adziim
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻫْﺪِﻧَﺎ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﻫَﺪَﻳْﺖَ ،
Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana
orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk
ﻭَﻋَﺎﻓِﻨَﺎ ﻓِﻴﻤَﻦَ ﻋَﺎﻓَﻴْﺖَ
Selamatkanlah kami dalam golongan orang-orang
yang Engkau telah pelihara
ﻭﺗَﻮَﻟَّﻨَﺎ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﺗَﻮَﻟَّﻴْﺖَ ،
Uruslah kami di antara orang-orang yang telah
Engkau urus
ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟَﻨَﺎ ﻓِﻴﻤَﺎ ﺃَﻋْﻄَﻴْﺖَ ،
Berkahilah kami dalam segala sesuatu yang
Engkau telah berikan
ﻭَﻗِﻨَﺎ ﺷَﺮَّ ﻣَﺎ ﻗَﻀَﻴْﺖَ ،
Hindarkanlah kami dari segala bahaya yang
Engkau telah tetapkan
ﺇِﻧَّﻚَ ﺗَﻘْﻀِﻲ ﻭَﻻ ﻳُﻘْﻀَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ،
Sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan
bukan yang ditentukan
ﻭَﺇِﻧَّﻪُ ﻻ ﻳَﺬِﻝُّ ﻣَﻦْ ﻭَﺍﻟَﻴْﺖَ ،
Sesungguhnya tidak akan jadi hina orang yang
telah Engkau lindungi
ﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖَ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻴْﺖَ
Engkau wahai Rabb kami adalah Maha Mulia dan
Maha Tinggi.
(HR Thabrani 3/123)
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻋِﺰَّ ﺍﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡَ ﻭَ ﺍﻟْﻤُﺴﻠِﻤِﻴﻦ
Ya Allah, muliakanlah Islam dan kaum Muslimin
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻧْﺼُﺮْ ﺇِﺧْﻮَﺍﻧﻨَﺎَ ﺍﻟْﻤُﺴﻠِﻤِﻴﻦ ﻭَ ﺍﻟﻤُﺠَﺎﻫِﺪِﻳﻦَ ﻓِﻲ ﻓِﻠِﺴْﻄِﻴﻦ
Ya Allah, tolonglah kaum Muslimin dan Mujahidin di
Palestina
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺛَﺒِّﺖْ ﺇِﻳﻤَﺎﻧَﻬُﻢْ ﻭَ ﺃَﻧْﺰِﻝِ ﺍﻟﺴَّﻜِﻴﻨَﺔَ ﻋَﻠَﻰ ﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻢ ﻭَ ﻭَﺣِّﺪْ
ﺻُﻔُﻮﻓَﻬُﻢْ
Ya Allah, teguhkanlah Iman mereka dan
turunkanlah ketenteraman di dalam hati mereka
dan satukanlah barisan mereka
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻫْﻠِﻚِ ﺍﻟْﻜَﻔَﺮَﺓَ ﻭَ ﺍﻟﻤُﺸْﺮِﻛِﻴﻦَ
Ya Allah, hancurkanlah kaum kuffar dan kaum
musyrikin
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺩَﻣِّﺮِ ﺍﻟْﻴَﻬُﻮﺩ ﻭَ ﺇِﺳْﺮَﺁﺋِﻞ ﻭَ ﺷَﺘِّﺖْ ﺷَﻤْﻠَﻬُﻢ ﻭَ ﻓَﺮِّﻕْ
ﺟَﻤْﻌَﻬُﻢْ
Ya Allah, binasakanlah kaum Yahudi dan pasukan
Israel dan cerai-beraikanlah kesatuan mereka
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻧْﺼُﺮْ ﺍﻟﻤُﺠَﺎﻫِﺪِﻳﻦَ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻋْﺪَﺍﺋِﻨَﺎ ﺃَﻋْﺪَﺍﺀَ ﺍﻟﺪِّﻳﻦ
Ya Allah, menangkanlah kaum Mujahidin atas
musuh kami musuh agama
ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻚَ ﻳَﺂ ﺃَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺣِﻤِﻴﻦَ
dengan RahmatMu, Wahai Yang Maha Pengasih
ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ
Dan sampaikanlah Sholawat kami kepada Nabi
Muhammad.
“Ya Hayyu Ya Qayyum, Wahai Yang Maha Hidup
Yang Maha Memelihara,
Ya Hayyu Ya Qayyum, Wahai Yang Maha Hidup
Yang Maha Memelihara,
Ya Hayyu Ya Qayyum, Wahai Yang Maha Hidup
Yang Maha Memelihara,
turunkan para Malaikatmu untuk membantu para
Mujahidin di Gaza dan Seluruh Palestina,
sebagaimana telah kau turunkan ribuan Malaikat
di Badar, di Khandaq dan di Tabuk.
Ya Hayyu Ya Qayyum, Wahai Yang Maha Hidup
Yang Maha Memelihara,
ringankanlah penderitaan saudara-saudara kami
di Gaza,
kuatkanlah terus generasi baru dari antara anak-
anak mereka,
menjadi generasi yang akan membawa kami pada
kejayaan Islam lewat Jihad fii Sabiilillah.
Ya Hayyu Ya Qayyum, Wahai Yang Maha Hidup
Yang Maha Memelihara,
janganlah Kau biarkan kami termasuk orang-
orang yang berpangku tangan melihat kezaliman
atas saudara-saudara kami.
Daftarkan nama-nama kami dalam daftar panjang
para Mujahidin Mukhlisin dan para Syuhada yang
menjemput Syurga-Mu.
Jangan Kau biarkan dunia yang hina ini melingkupi
kehidupan kami sampai lupa pada Negeri Akhirat-
Mu.
Ya Hayyu Ya Qayyum, Wahai Yang Maha Hidup
Yang Maha Memelihara,
anugerahkan kepada kami kesabaran memegang
teguh agama-Mu dan wafatkan kami dalam
keadaan Muslim.”
Robbanaa Atinaa Fidddunia khasanah Wafil aakhiroti khasanah Waqina ‘adzaabannaar.
Subhaana Robbil’izzati ‘amma yasifuun wa Salaamun ‘alalmursaliin WalhamdulillahirRobbil’aalamiin

Leave a comment »

Ramadhan

image

OASE DAKWAH~Penyejuk Hati Penggugah Jiwa
Rabu, 9 Juni 2014

Ramadhan…..

Ramadhan masuk hari kesebelas
Yakinkah kita apa amalan akan berbalas?
atau hanya sekedar badan menjadi lemas
Lantaran jauh dari rasa ikhlas

Ramadhan akan segera lewat
Apakah yang seharusnya kita perbuat?
Agar diri tak terseret ke lembah yang sesat
Dan di akhirat kita akan selamat

Jangan tenggelam dalam keterlenaan
Merasa yakin sudah banyak amalan
Ternyata semua hanya kesia-siaan
Ketika harus menghadap Tuhan

Masih ada kesempatan untuk mengisi sisa hari
Banyak membaca kalam Ilahi agar hati selalu terisi

Butuh bekal banyak untuk perjalanan yang panjang
Hingga bertemu dengan Allah yang Maha Penyayang

Mempelajari Al Qur’an adalah sebaik-baik kesibukan.
Allah SWT berfirman dalam hadits qudsi:
“Barang siapa yang disibukkan Al Qur’an dalam rangka berdzikir dan memohon kepadaKu,
niscaya akan aku berikan sesuatu yang lebih utama dari apa yang telah Ku berikan pada orang-orang yang meminta. Dan keutamaan Kalam Allah dari seluruh kalam selain-Nya seperti keutamaan Allah atas makhlukNya.” [HR. Tirmidzi]

~Rochma Yulika~

Biro Tausiyah Rutin ODOJ
Tradera/TR/04/09/07/2014
tausiyahrutin14@gmail.com

Leave a comment »